Tuesday, August 23, 2016

Tetap Internetan di Singapura

Buat yang setiap hari buka akun sosial media dan tetap harus buka sosial media walaupun sedang berada di luar negeri, ini pengalaman saya tentang penggunaan paket data internet di Singapura.



— Maret 2015 —
Maret tahun lalu saya tidak beli paket data roaming internet untuk di Singapura. Karena saya masih mengandalkan free Wi-Fi yang ditawarkan pihak hotel (fragrance hotel saphire). Hotel-hotel (atau bahkan hostel) di Singapura banyak yang menawarkan fasilitas free Wi-Fi karena memang internet termasuk kebutuhan utama bagi yang melek teknologi. Apalagi budget traveller seperti saya yang perlu membaca google maps untuk menemukan lokasi. 😁

Selama di bandara Changi, saya tidak perlu khawatir soal internet. Mereka menyediakan free Wi-Fi (dengan beberapa step yang harus dilakukan sebelum tersambung dengan Wi-Fi). Dan juga ada lokasi khusus untuk membuka internet via PC.



Sempat terpikir untuk beli nomor lokal dan mengaktifkan internetnya. Namun sayang, harganya jauh lebih mahal dibanding beli paket internet dari Indonesia. Dan berbuhung teman saya beli paket data internet roaming, saya sesekali nebeng pas dia buka hotspot Wi-Fi nya. 😁


— Agustus 2015 —
Waktu itu saya di Singapura selama 3 hari 2 malam. Tapi berhubung hari ketiga hanya setengah hari di Singapura, saya memutuskan untuk mengaktifkan paket data internet 2 hari pertama.

Provider yang saya gunakan adalah XL Axiata. Saya coba cari-cari informasi di website www.xl.co.id dan akhirnya saya menemukan dan memutuskan untuk membeli paket internet unlimited roaming di Singapura. 

Paket yang ditawarkan yaitu: paket unlimited seharga Rp 75.000/hari. Cara beli paketnya gimana? Saya hanya perlu mengisi pulsa secukupnya untuk kebutuhan internet. Disaat penggunaan internet saya sudah sebanyak Rp 75.000 pada hari tersebut, penggunaan internet selanjutnya akan dihitung "free". Saya kurang tahu pasti FUP untuk paket ini berapa GB. Tetapi yang jelas saya tidak sampai menggunakan 2 GB per hari. Jadi buat saya kecepatan internetnya pun masih baik-baik saja. Mungkin FUP nya sekitar 2GB per hari dengan kecepatan sekitar 7.2 MBps.

Karena saya hanya ingin menggunakan paket internet selama dua hari, saya siapkan pulsa di nomor XL saya sebanyak Rp 150.000. Jadi setelah pulsa Rp 0, paket data internet otomatis tidak akan bisa digunakan. Sebagai cadangan, saya mengisi pulsa lebih di nomor saya yang lain. In case something urgent happen.

Dan perhitungan penggunaan paket internet ini setiap pukul 00.00. Saya lupa 00.00 waktu setempat atau 00.00 WIB. Hehe. Waktu itu, paket dari XL ini tergolong lebih murah daripada provider lainnya. Dan inilah pertimbangan saya untuk menggunakan XL lagi di perjalanan selanjutnya.


— Agustus 2016 —
Di perjalanan kali ini, rupanya ada tawaran baru dari XL, namanya XL Pass. XL Pass ini bukan paket internet dengan kuota tertentu. Melainkan sebagai internet pass untuk menggunakan paket internet yang kita miliki saat kita berada di luar negeri. XL pass ini berlaku di 9 negara Asia (Singapura, Malaysia, Bangladesh, Sri Lanka, Kamboja, Hongkong, Makau, Taiwan dan Jepang).

Alurnya seperti ini:
Beli paket internet HotRod atau Combo XTRA → beli XL Pass → paket HotRod atau Combo XTRA dapat langsung digunakan di sembilan negara tersebut.

Ada tiga pilihan XL Pass yang ditawarkan:
1. Untuk 3 hari seharga Rp 100.000
2. Untuk 7 hari seharga Rp 150.000
3. Untuk 30hari seharga Rp 300.000



Sebelumnya saya membeli paket internet HotRod 24 jam dengan kuota 3GB untuk 30 hari seharga Rp 60.000. Dan karena saya akan berada di Singapura selama dua hari dan di Malaysia selama dua hari, saya memilih XL Pass untuk 7 hari seharga Rp 150.000.

Lalu apakah saya harus mengubah paket saat saya pindah dari Singapura ke Malaysia? Tidak. Selama saya masih berada dalam sembilan negara yang dimaksud, XL Pass akan tetap berlaku.





XL Pass ini sebaiknya diaktifkan saat masih di Indonesia. Jadi begitu sampai di negara tujuan, internet bisa langsung digunakan. Dan perhitungan masa aktif XL Pass disesuaikan dengan jam WIB. Dan jangan lupa aktifkan data roaming saat sudah tiba di luar negeri.

Selama paket internet roaming aktif, saya tetap dapat bertukar kabar dengan keluarga dan rekan kerja saya di Indonesia via chat messenger (Whatsapp, BBM, Line dan sejenisnya).


12 comments:

  1. Hai, mau tanya tentang XL Pass nih... Waktu sampai di negara tujuan, apakah ada setting2 tertentu yang harus diaktifkan di handphone atau asal registrasi & menyalakan mobile data internet sudah bisa dipakai? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Liphz.
      Mungkin ini telat untuk menjawab pertanyaan kamu. Tapi akan tetap saya jawab ya.

      Pastikan data roaming kamu diaktifkan saat sampai di negara tujuan. Smartphone kamu akan mencari jaringan sesuai provider negara tujuan yang bekerja sama dengan XL. Lalu akutifkan koneksi data kamu. Selesai. :)
      Semoga membantu.

      Delete
    2. Halo.. kalo misal kita aktifin xl xtra combo dan xl pass nya di 1 hp, kemudian bisa tdk hp ny ini diaktifkan juga utk mobile hotspotnya? Jadi bisa dipakai jg sama hp tmn2.. bisa tdk ya? Trims

      Delete
    3. Hai, Amabel. Bisa banget!
      Jadi kamu cukup beli satu XL pass dan bisa buat internetan rame-rame. Tapi saran saya untuk sediakan power bank untuk hp yang dijadikan hotspot. Karena pastinya baterai akan cepat terkuras. ☺

      Delete
  2. kemarin pake XL pass ini di Malaysia, balik-balik kuotanya masih kepake didalam negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget.
      Itulah enaknya pakai XL Pass. Sejauh ini saya puas dengan provider ini.

      Delete
  3. akhirnya nemu jg blog yg bs ngejawab smua pertanyaan yg ingin saya tanyakan seputar xl pass(dr artikel & komentar" yg laen), hehe. thanks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mas Eric. Senang bias membantu. Sebetulnya sekarang sudah banyak info terbaru terkait XL Pass ini. Rencananya akan saya publikasi dalam waktu dekat. :)

      Delete
  4. halo, untuk paket roaming combo nya, juga bisa dibuat hotspot ke bbrp hp ya utk rame2...? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa asalkan di smartphone nya ada fitur hotspot wifi ya. Jangan lupa siapkan power bank juga karena kalua tethering akan menguras baterai smartphone dan tidak boleh terpisah jauh saat pemakaian hotspot wifi yang sama.

      Delete
  5. Hi...
    Gimana caranya aktifinnya ya..sy belum pernah pake XL sama sekali he3x..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Langkah pertama harus beli sim card XL dulu. Langkah selanjutnya coba instal aplikasi myXL di playstore atau appstore, lalu cari paket Xtra Combo. Kemudian beberapa jam sebelum berangkat ke negara tujuan, kamu bisa beli pake XL Pass yang juga tersedia di myXL. Semoga membantu. :)

      Delete