Friday, September 29, 2017

Singapura-Kuala Lumpur (4H3M) - Hari Pertama

...continuing

Tujuan pertama setelah keluar dari Changi Airport adalah: Gusti BnB yang ada di Penhas Rd. Saya harus naik MRT jalur hijau (East West Line) untuk sampai di stasiun MRT Lavender (the nearest MRT station to Gusti BnB).

Saya tap EZ-Link card, saldo masih aman. Masih sisa sekitar S$10 (dari perjalanan terakhir saya ke Singapura tahun lalu) dan saya rasa masih cukup untuk perjalanan hari pertama. Perjalanan menuju Lavender kurang lebih 50 menit. Begitu sampai di Lavender, saya jalan sekitar 300 m untuk sampai di Gusti BnB.

Eits, jangan heran dulu kenapa di peta ngga ada tulisan Gusti BnB. Lihat tulisan "Antoinette"? Disitulah Gusti BnB berada (di lantai 2). Ada pintu yang terkunci dari dalam dan disediakan bel (juga CCTV yang mengarah ke pintu tersebut) kalau kita mau masuk ke Gusti BnB. Sebelum kunci dibuka dari dalam, kita tidak akan bisa masuk.

Saya tiba di depan pintu Gusti BnB sekitar pukul 08.10. Saya tekan bel berkali-berkali tapi sayangnya pintu tak kunjung dibuka. Saya kirim whatsapp ke Musa, tidak ada balasan juga. Ya Allah... Mau nangis rasanya. 😂 Baru hari pertama udah banyak cobaannya ya. Saya tunggu lagi lima menit, tapi masih tidak ada respon. Akhirnya saya putuskan untuk pergi ke Traveller@SG untuk gambling kamar tersedia atau tidak.

Karena saya lelah, begitu saya tiba di Traveller@SG saya langsung rebahan di sofa ruang tamu mereka. 😄 Disana ada beberapa wajah asia timur, asia tenggara dan wajah eropa. Tetapi tidak ada tanda-tanda wajah petugas di reception desk. Setelah beberapa waktu, petugas receptionist datang dan saya menjelaskan kejadian yang saya alami. Untung saja masih ada bed di ruang wanita  yang tersisa, jadi saya bisa check-in pagi itu. Fiuh... 💨 satu masalah teratasi. Saatnya bertualang di hari pertama!

Rencana perjalanan hari pertama: Singapore Botanic Gardens - Orchard Rd - Sentosa Island. Hmm..walaupun destinasinya sama dengan tahun lalu, tapi perjalanan saya kali ini banyak hal baru.

Oh ya, untuk mempermudah perjalanan kita di Singapura, jangan lupa ambil tourist map yang tersedia gratis di bandara sebelum keluar imigrasi.

MRT Map

Untuk menuju Singapore Botanic Gardens (SBG), saya memilih naik MRT dengan tujuan stasiun Botanic Gardens.
Ada banyak macam taman di SBG. Perjalanan saya tahun lalu pun belum bisa menjelajah seluruh taman ini, makanya saya masukkan kembali di itinerary kali ini. Lebih lengkapnya tentang taman ini, kita bisa akses websitenya di www.sbg.org.sg

Perjalanan di SBG ini saya mulai dari stasiun Botanic Gardens Gate sampai keluar di Tanglin Gate. Kurang lebih jalan 3 atau 4 km sambil observe kanan kiri dan cari objek foto. Emang ada apa sih di SBG ini? Kayak taman-taman kota lainnya sih. Tapi emang dasar sayanya yang seneng jalan sendiri sambil dengerin musik. Jadi  jalan-jalan yang begini aja udah bikin saya rileks.

Setelah saya puas jalan dan observing things di SBG, tujuan saya selanjutnya adalah Orchard Rd. Saya naik bis dari halte terdekat untuk menuju Orchard Rd. Tujuan di Orchard bukan belanja, tapi naik ke ION Sky yang ada di ION Orchard. Tapi... waktu itu memang belum ada kesempatan untuk kesana. Di sana lagi ada acara di ION Sky dan akses untuk umum jadi ditutup. 😞 Setelah sedikit kecewa karena ION Sky ngga bisa diakses untuk umum, saya mengobati kekecewaan itu dengan jalan ke toko buku. (Teteup ya jauh-jauh jalannya, mainnya ke toko buku.) Because bookstore is soothing and healing sometimes. 💝

Berhubung di Orchard ngga ada yang dicari lagi, saya lanjut perjalanan ke Sentosa Island. Naik MRT lagi dari Orchard ke Harbour Front (Purple Line). Kalau tujuan kalian adalah Sentosa Island, begitu sampai di Harbour Front kalian langsung ke Vivo City Mall naik ke level 3 atau 4 saya lupa. Disana ada stasiun untuk naik skytrain ke Sentosa (Sentosa Express). Sebenernya saya bisa naik transportasi lainnya seperti cable car, tapi saya lebih memilih untuk naik Sentosa Express ini (karena lebih murah. Hahaha). Atau ada pilihan yang paling murah yaitu jalan kaki via Sentosa Broadway. Ini cuma bayar SGD 1. 😂✌

Ada 4 stasiun yang akan di lewati skytrain ini. Kalau tujuan utama kalian adalah untuk berfoto di icon ternama di Universal Studio Singapore (USS), kalian harus turun di halte pertama; Waterfront. Banyak yang bisa dieksplor di sini. Dari yang gratisan sampai yang berbayar. Satu hal penting yang sebaiknya kita lakuin sebelum pergi-pergi terutama ke tempat yang belum pernah kita kunjungi, cari tahu tempat tersebut dari websitenya. Sedikit banyak pasti bisa membantu dan menambah pengetahuan. Hal ini juga untuk menghemat waktu di tempat tujuan, supaya lebih efektif. Apalagi buat tukang jalan kere dan harus ada itinerary kayak saya. 😁

Hiburan yang ada di Sentosa Island itu banyak. Salah satunya mereka menyediakan shuttle car untuk hop in dan hop out di beberapa pantai di pinggir pulau Sentosa ini. Dan itu semua masih free service dari mereka. Saya rasa, butuh satu hari penuh untuk merasakan seluruh hiburan yang ada di Sentosa.

Setelah dari Sentosa, ternyata masih ada waktu untuk exploring some places in Singapore. Akhirnya saya beranjak ke Marina Bay Sands untuk lihat pertunjukan yang saya lupa namanya. 😂

Daripada saya "bicara" lebih banyak, sebaiknya foto-foto di bawah ini saja yang bicara lebih banyak. Foto-foto lainnya bisa dilihat di akun Instagram saya @shintadsd.✌😁 Dan kalau ada yang ingin ditanyakan, sila tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Vivo City

Palawan Beach

Selamat menabung, calon traveller!
Semoga tulisan ini bisa jadi referensi.
Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya